Wanita Kalimantan Barat ukir prestasi di dunia pendakian gunung

Henny di tujuh puncak (Seven Summits)
Henny Widiastuty wanita asal Kalimantan Barat dan juga merupakan anggota MAPALA UNTAN ini berhasil menyelesaikan tujuh puncak tertinggi di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan istilah seven summits. Wanita asal Pontianak ini memang hobi dalam berkegiatan di alam bebas. Pada saat menempuh pendidikan di bangku perkuliahan ia bergabung bersama Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura (MAPALA UNTAN) yang merupakan organisasi didalamnya bergerak di bidang pelestarian lingkungan hidup dan penyaluran hobi. Bermula dari mendaki gunung-gunung yang ada di Kalimantan Barat selama berada di MAPALA UNTAN sampai mendaki 7 puncak tertinggi yang tersebar di Indonesia. Merupakan sebuah prestasi yang baik dan layak untuk  diberikan apresiasi kepada wanita asal Kalimantan Barat ini.
Henny Widiastuty ini adalah wanita yang pertama dari pulau Kalimantan dan juga satu-satunya anggota MAPALA UNTAN yang berhasil menyelesaikan 7 puncak tertinggi tersebut. Tentu saja untuk mencapai 7 puncak tertinggi yang berada di Indonesia ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan apalagi dengan Gender yang bisa dibilang tidak biasa yaitu seorang wanita. Kegigihan dan mental yang kuat Henny Widiastuty ini patut di acungi jempol dan menjadi penyemangat bagi anak-anak muda Kalimantan Barat.
Mengawali kiprah di dunia pendakian sejak berada di MAPALA UNTAN tentu banyak hal yang telah di dapat baik dari segi manajemen,materi maupun fisik sebagai seorang pendaki gunung. Bukit Raya 2.278 Mdpl merupakan gunung pertama yang di daki oleh Henny Widiastuty pada tahun 1999 menuju 7 puncak tertinggi di Indonesia. Bukit Raya terletak di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Bukit Raya ini merupakan gunung idola bagi para pendaki gunung karena Bukit Raya ini mempunyai hutan yang masih sangat lebat  dan kearifan lokalnya masih sangat terjaga dengan baik.
Selang satu tahun mendaki Bukit Raya kali ini Gunung Rinjani 3.726 Mdpl pada tahun 2000 menjadi puncak kedua yang di daki oleh mbak Henny, Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat. Setelah mendaki Gunung Rinjani Mbak Henny sapaan akrabnya ini absen selama 10 tahun,kemudian pada tahun 2011 mbak Henny kembali melanjutkan pendakiannya. Kali ini pendakiannya dilanjutkan ke Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru, walaupun gunung di pulau jawa ini terhitung banyak dengan ketinggian 3000 namun gunung Semerulah yang  merupakan Gunung tertinggi di Pulau jawa ini. Gunung semeru mempunyai ketinggian 3.676 Mdpl. 
Pada tahun 2012 mbak Henny menyebrang ke Pulau Sumatra, di Sumatra Gunung yang menjadi tujuan mbak Henny ini adalah Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Mdpl. Setelah absen selama sepuluh tahun mendaki gunung kali ini Mbak Henny fokus untuk menyelesaikan 7 puncak tertingginya. Masing- masing dalam selang waktu satu tahun pendakian ke puncak tertinggi dilakoninya yaitu Latimojong 3.430 Mdpl pada tahun 2013 yang terletak di Pulau Sulawesi dan gunung Binaiya 3.027 Mdpl di Pulau Maluku pada tahun 2014. Enam puncak tertinggi di Indonesia berhasil di daki oleh mbak Henny dan sekaligus mencatatkan namanya sebagai wanita pertama asal Kalimantan Barat. Tidak puas dengan enam puncak tersebut Mbak Henny kembali melakoni hobinya mendaki gunung pada tahun 2017. 
Kali ini gunung Carstensz Pyramid 4.884 Mdpl menjadi Gunung terakhir yang didaki oleh Mbak Henny, Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi di tanah  Papua dan merupakan gunung yang satu-satunya di daerah tropis yang memiliki Salju. Carstensz Pyramid juga merupakan gunung favorit para pendaki karena pada saat melakukan pendakian, pendaki akan di suguhkan dengan medan yang bervariasi dan pemandangan yang indah selama perjalanan. Carstensz Pyramid juga merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia atau yang biasanya di kenal dengan Seven Summits dunia.
Dan lengkaplah sudah tujuh puncak tertinggi di Indonesia yang di daki oleh wanita asal Kalimantan Barat serta menjadikan MAPALA UNTAN  sebagai organisasi mahasiswa pencinta alam pertama dari pulau Kalimantan yang mengibarkan bendera dan menginjakkan kaki di puncak tertinggi Indonesia. Semoga dengan prestasi yang di buat oleh Mbak Henny ini anak-anak muda Kalimantan Barat menjadi terpacu untuk berkiprah dalam mendaki gunung dan tetap menjaga budaya,alam serta lingkungan.
Dalam berkegiatan di alam bebas, jangan pernah lupa untuk menjunjung tinggi Kode Etik Pencinta Alam dan motto/petuah/sikap/etika kita sebagai pencinta alam“ jangan bunuh sesuatu kecuali waktu, jangan ambil sesuatu kecuali gambar dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak “. 
(MPA-U.1410309/CB)

1 comment:

  1. Setahu saya Gunung Rinjani itu bukan di NTT tapi di Pulau Lombok NTB,...Mohon diluruskan juga ketinggian gunung semeru itu 3676 mdpl bukan 3776, yang 3776 itu Gunung fuji di Jepang

    ReplyDelete