Pulau Karimata : Sambil menyelam, gali potensi

Latihan Divisi Bahari dan Hutan Gunung MAPALA UNTAN 2013 yang akan dilaksanakan pada 20-30 September siap dilangsungkan, tim yang berjumlah 15 orang akan dilepas langsung oleh Ketua Umum MAPALA UNTAN pada Jumat, 20 September 2013. Perjalanan akan dimulai dengan menyusur Sungai Kapuas dari Pelabuhan Senghie menuju Teluk Batang dengan kelotok yang merupakan kendaraan air tradisional Kalimantan Barat. Dari Teluk Batang perjalanan langsung menuju Kantor Seksi Wilayah I Balai KSDA Ketapang.

Dari Ketapang kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Karimata untuk melaksanakan penyelaman mengelilingi Pulau Karimata sambil mendata titik penyelaman dan terumbu karang yang ada disetiap titik penyelaman. Selain itu Pandi Sanjaya & Ega Tiara yang jadi pelaksana divisi bahari ini juga akan mengaplikasi materi fotografi bawah laut.

Sedangkan divisi hutan gunung, Roni Yanuardi Anggota Muda MAPALA UNTAN selaku koordinator yang mengkoordinir 13 anggota tim Divisi hutan gunung mengatakan "kami tidak hanya mendaki Gunung Cabang mulai dari titik 0 menuju 1.030 mdpl, kami juga melakukan survei keanekaragaman flora didaratan Pulau Karimata dan mendata sosial budaya penduduk setempat".

Sungai Betok, view dari Gunung Cabang, Karimata
Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Universitas Tanjungpura dan BKSDA Kal-Bar guna mengeksplor potensi bawah air hingga daratan tertinggi Kepulauan Karimata.

"Latihan divisi merupakan rutinitas tahunan MAPALA UNTAN guna meningkatkan kualitas anggota dari segi pemahaman materi serta kemampuan fisik di alam bebas. Ini merupakan kali ketiga MAPALA UNTAN berkegiatan di Pulau Karimata  setelah pada tahun 2007 Ekspedisi Nepenthes dan tahun 2010 selaku penyelenggara TWKM Daerah Pencinta Alam tingkat Perguruan Tinggi se-Kalimantan Barat, kali ini kita mencoba menggali potensi bawah air Kepulauan Karimata" ujar Syarif Yulius Hadinata selaku Ketua Umum MAPALA UNTAN.

Baca juga: Sail Karimata 2016 - Keindahan Dasar Laut Hingga Puncak Gunung Cabang

1 comment: