32 Tahun MAPALA UNTAN





Dengan usianya yang hampir mencapai setengah abad, MAPALA UNTAN (Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura) Pontianak banyak menciptakan berbagai prestasi di bidang lingkungan hidup maupun pelestarian alam serta kegiatan yang berkaitan dengan hobi yang bersifat outdoor. Dengan prestasi yang dicetak selama 32 tahun tentunya MAPALA UNTAN menghasilkan generasi mahasiswa yang berkompeten dan berwawasan luas.

Di awali pada tanggal 28 Oktober 1982 pertama kalinya berdiri MAPALA UNTAN dan diresmikan oleh Rektor Universitas Tanjungpura Bapak Prof. Dr. Hadari Nawawi yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Ide mendirikan MAPALA UNTAN berawal dari 14 mahasiswa Untan yang mewakili dari 6 Fakultas di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak pada masa itu.Utusan tersebut melakukan kegiatan ke Desa Tanjungpura, di persimpangan Sungai Pawan, Kabupaten Ketapang, untuk melihat lebih dekat sekaligus membenahi kuburan Raja Tanjungpura. Tim ini di ketahui oleh M.Sadeli, SH yang merupakan sosok pelopor MAPALA UNTAN.

Seiring perkembangannya, maka mulai dilakukan kegiatan rutin hingga sekarang, berupa Ekspedisi pendakian gunung, latihan divisi (Panjat tebing, Gunung Hutan, Goa), Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, kegiatan berwawasan Lingkungan Hidup, TWKM (Temu Wicara Kenal Medan) tingkat daerah hingga nasional, pelatihan dan pendidikan berbasis outdoor. Dari para pelaku sejarah lah prestasi diciptakan dan Organisasi yang luar biasa ini terbentuk, dan kami dewasa ditempa alam, “Petualang Kere” sebutan untuk kami. Semoga dengan bertambahnya usia MAPALA UNTAN yang ke-32 ini loyalitas serta eratnya rasa kekeluargaan dan persaudaraan dapat terjaga selamanya.

Jaya selalu MAPALA UNTAN...



Writter : Sang Alang

0 comments:

Post a Comment