Sispala Gelar Lomba Jelajah Alam


Diusianya yang ke 10 tahun Siswa Pencinta Alam Sekolah Menengah Atas Negeri 01 (Sispala Smansa) Sungai Tebelian gelar Lomba Jelajah Alam. Kegiatan yang akan dilangsungkan pada 23 Februari 2016 ini rencananya akan dibuka oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Meh, Ph. Mengangkat tema “Bersahabat Dengan Alam Sejak Dini” yang para peserta adalah siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sintang, lomba ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan cinta kepada alam dengan menjelajah alam sesuai Kode Etik Pencinta Alam dan menumbuh kembangkan minat dan bakat terhadap alam dengan mengenalkan pemahaman konservasi.

Evi Asmarayadi, S. Sos selaku Pembina mengatakan “ini merupakan yang pertama kali di Kabupaten Sintang, sebagai langkah awalnya kita buat Lomba Jelajah Alam dan semoga menjadi rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan aktivitas lain seperti Lomba Panjat Dinding”.

Hingga saat ini sudah ada 20 kelompok yang mendaftar yang terdiri dari 10 sekolah di empat kecamatan yang ada di SIntang. Setiap sekolah minimal mengirimkan 2 kelompok sebagai utusan. Menariknya ada pula Sekolah Dasar yang ikut serta dan siap bersaing dengan Sekolah Menangah Pertama, yaitu SDN 11 Sungai Tebelian.

Kepanitiaan yang diketuai Erwin Murniarti telah menyiapkan rute jelajah sejauh 10 km di Kecamatan Sungai Tebelian dan sekitarnya. Dalam Lomba Jelajah Alam ini tidak semata menjelajah alam, pengetahuan tentang alam dan pelajaran sekolah merupakan bagian dari penilaian.  Selain itu panitia juga menyiapkan games outbound seperti prusiking (naik dengan tali), rappelling (turun dengan tali), flying fox (meluncur dengan tali) yang dibantu oleh MAPALA UNTAN selaku fasilitator dan juri lomba.

Arief Elfri Yanda Ketua Umum MAPALA UNTAN merasa bangga kepada Sispala SMAN 1 Sungai Tebelian sebagai salah satu Sispala Binaan dan berharap Sispala Binaan lain mampu membuat kegiatan serupa dan berharap kedepan kegiatan ini dikemas untuk se-Kalimantan Barat. (syh.278/tb)

0 comments:

Post a Comment