Berkarya walau wabah melanda, 38 tahun berbakti untuk negri

MAPALA UNTAN, karyanya dimulai pada tanggal 28 oktober 1982 diprakarsai oleh orang-orang berjiwa kuat dan hebat layaknya seperti para pemuda yang melakukan aksi sumpah pemuda sebagai upaya membangkitkan semangat jiwa para pemuda –pemudi untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Demikian pula sebaliknya berdirinya Mapala Untan merupakan sebuah aksi untuk membangkitkan semangat para petualang dan sebagai wadah bagi para penggiat konservasi  mahasiswa Universitas Tanjungpura.

Di tahun 2020 MAPALA UNTAN kembali merayakan hari jadi yang ke 38 tahunnya dengan mengusung tema “pandemi tidak menjauhkan hubungan kami”.  38 tahun merupakan sebuah perjalanan panjang MAPALA UNTAN dalam menjalankan roda organisasi yang sampai saat ini masih tetap eksis dalam kegiatan alam bebas dan aksi di bidang lingkungan hidup. pandemi covid 19 yang melanda negeri ini tidak menjadi hambatan bagi kami untuk terus berkarya.

Rangkaian HUT ke 38 kali ini MAPALA UNTAN melaksanakan kegiatan lomba video bertemakan “adaptasi di era new normal’’ yang dilakukan mulai dari tanggal 21 september-21 oktober 2020,  para peserta lomba video tersebut berjumlah 11 orang yang berasal dari seluruh pulau di Indonesia. Selain melakukan lomba video sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah yakni memutus rantai penyebaran covid 19 Mapala Untan melaksanakan sosialisasi dan publikasi campaign  melalui  banner dan media sosial instagram @mapalauntan yang bertemakan” Cara Hdup di Era Kebiasaan Baru”. Sebagai organisasi yang bergerak dibidang  konservasi lingkungan hidup tidak juga lupa nih Mapala Untan mengadakan kegiatan Jalan Sehat dan Penanaman Pohon di sekitar area Auditorium Untan pada tanggal 24 oktober 2020.

Gunawan Robert Charles selaku Ketua Umum Mapala Untan periode 2019/2020 menuturkan “Harapan kedepannya pohon-pohon yang berjenis buah-buahan dan tanaman konservasi ini nantinya dapat bertumbuh dan berkembang dan menghasilkan buah-buahan yang dapat dinikmati oleh para calon Anggota Mapala Baru dan UKM sekitar”. Selain itu kegiatan penanaman ini diharapkan sebagai upaya kecil dalam penyelamatan bumi dan menjadi contoh bagi UKM sekitar untuk melakukan kegiatan konservasi. Nah, pada tanggal 27 oktober 2020 merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh para anggota biasa dan luar biasa, bagaimana tidak?? Malam puncak sebagai sebuah momen yang dijadikan ajang sebagai temu kangen seluruh anggota MAPALA UNTAN ini, dimana yang jauh semakin dipertemukan dan didekatkan dan yang dekat semakin dirapatkan kekeluargaannya.

tamu yang hadir pada malam puncak tidak hanya berasal dari anggota Mapala Untan saja, UKM Sanserta Fakultas Pertanian Untan  juga turut meramaikan acara ini dengan persembahan lantunan akustik. tidak lupa Mapala Untan berdoa bagi para senior dan anggota terdahulu yang telah dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya tidak sah jika namanya ajang temu kangen ini hanya sekedar ajang temu biasa oleh seluruh Anggota, terkait hal ini Mapala Untan juga mengadakan diskusi yang dimana di tahun ini diskusi tersebut membahas mengenai program kerja anggota di era pandemi, banyak senior Anggota Luar Biasa memberikan saran dan masukan terkait program kerja Mapala Untan kedepannya serta tidak lupa kilas balik mengenai cerita hebat para rajawali di masa terdahulu seperti apa dalam memajukan Mapala Untan. Hal ini tentu diharapkan oleh para Anggota Luar Biasa dapat menjadi pembangkit semangat para Anggota Biasa dalam menjalankan roda organisasi ke arah maju.  

Terima Kasih Keluarga Besar Mapala Untan

(MPA-U. 1920350/LS)









0 comments:

Post a Comment