Ekspedisi Pendakian Gunung Betung dan Penelitian ikan semah di TNBKDS

Ekspedisi Wajib merupakan suatu kegiatan sebagai tahapan untuk menjadi anggota biasa MAPALA UNTAN.


Ekspedisi ini adalah kegiatan yang dirancang oleh anggota muda MAPALA UNTAN Angkatan 37. Tahun ini Anggota Muda MAPALA UNTAN akan melaksanakan  EKSPEDISI GUNUNG BETUNG. Nama ekspedisi tersebut diambil dari nama gunung yang ada di Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun. Gunung tersebut memiliki ketinggian 1128 MDPL yang memiliki potensi keanekaragaman flora dan fauna. Tidak kurang ada 1.216 jenis flora dan tidak kurang dari 75 spesies diantaranya spesies yang endemik Pulau Kalimantan. Dari jenis fauna tidak kurang ada 48 jenis mamalia.

Ekspedisi wajib tahun ini dilaksanakan oleh anggota muda MAPALA UNTAN yang berjumlah 5 orang yang diketuai oleh Jordi Febriadi dan 4 anggotanya Nurul Setiyawati,Florentina Jermany Junia Delvana, Wiji Rahayu dan Ilham Akbar Firmana. Kelima anggota ini telah mempersiapkan proses pra-ekspedisi sejak bulan februari, mulai dari latihan fisik,pembekalan materi dan pencarian dana.


Ekspedisi wajib ini dilaksanakan pada tanggal 28 juni – 26 juli 2021 yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun Kab. Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

3 pilar kegiatan ekspedisi angkatan 37 yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan dan Pengambidan Kepada Masyarakat. tiga pilar kegiatan yang diusung tersebut merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah penelitian studi habitat ikan semah di DAS Embaloh. Penelitian tentang ikan semah ini diambil karena ikan tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan banyak terdapat di DAS kawasan TNBKDS sehingga memiliki daya tarik tersendiri di daerah tersebut .

Selanjutnya ada kegiatan pengabdian pada masyarakat seperti kegiatan sosialisasi, bakti sosial, dan edukasi motivasi mengapai cita-cita untuk siswa SDN 13 Tanjung Lasa.

Terakhir ada kegiatan Pendakian Gunung Betung sebagai syarat untuk dilantik menjadi anggota biasa MAPALA UNTAN.

Kegiatan Ekspedisi wajib ini didukung oleh : Universitas Tanjungpura, Biodiversity Wariors by Kehati,Kodam XII Tanjungpura, Balai Besar TNBKDS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat, PT. Indofood CBP, Suryanation, WILDLIFE FRAME ORGANIZATION, Terminal Konveksi, Perum BULOG Kanwil Kalbar dan Wartapala Indonesia serta seluruh Keluarga Besar Mapala Untan.



0 comments:

Post a Comment