WEBINAR MAPALA UNTAN GOES TO SCHOOL

Isu lingkungan saat ini banyak dibicarakan baik itu sampah organik maupun anorganik, apalagi ditambah pada masa pandemic Covid-19 pola kehidupan masyarakat Indonesia berubah karena lebih banyak menghasilkan sampah. maka dari itu kami MAPALA UNTAN mengadakan dua series Webinar:

“Mapala Untan Goes To School”




Sabtu, 21 Agustus merupakan webinar series pertama dimana pokok pembahasannya yaitu budaya pilah-olah sampah yang disampaikan oleh Bapak Kiki Prio Utomo (Dosen Teknik Lingkungan Universitas Tanjungpura), Abang M. Hafiz Waliyuddin (CEO Angkuts) dan zero waste lifestyle disampaikan oleh Rio Afiat (Pegiat Lingkungan dan Konservasi), Garry Marpahiko (Presiden Seangel). Webinar series pertama juga dihadiri oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang, Kasi Pengendalian dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, dan Provinsi Fasilitator Implementasi Kalimantan Barat. Tidak hanya itu saja webinar series pertama juga diikuti mahasiswa Universitas Tanjungpura, Universitas Terbuka Negeri Mataram, SMAN 1 Pacitan, SMAN 1 Pontianak, SMA Santun Untan, SMAN 2 Pontianak, SMAN 3 Pontianak, Madrasah Aliyah.

Point penting yang diambil perlunya mengubah pola hidup dalam menjaga lingkungan seperti berbelanja menggunakan totebag, menggunakan tumblr, dan membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Sabtu, 28 Agustus 2021 dilanjutkan webinar series dua dengan pokok pembahasan yaitu SDGs : dampak covid- 19 terhadap pilar pembangunan lingkungan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Meiran Panggabean, SE.,M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura) dan Kakak Stefanny Valencia Halim (AIESEC in Universitas Tanjungpura). Webinar series du aini dihadiri mahasiswa Universitas Tanjungpura, siswa SMAN 1 Pacitan, SMAN 1 Pontianak, SMAN 2 Pontianak, SMAN 3 Pontianak, dan SMA Santun Untan

Point penting yang dapat diambil untuk mencapai tujuan SDGs tentunya perlu campur tangan pemerintah dan didukung oleh masyarakat juga agar tujuan tersebut tercapai.

Dalam webinar ini kami mengundang SMA/SMK yang ada di Pontianak, disini target dari webinar ini adalah anak – anak yang sedang meranjak kedewasaan agar materi yang kita sampaikan dapat diterima dengan mudah tidak hanya itu saja kami juga mengedukasi sejak dini bagaimana sampah itu sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

Adapun outcome yang didapatkan dari webinar series pertama  yaitu para siswa membuat poster infografis mengenai zero waste lifestyle dan di series dua yaitu siswa membuat artikel mengenai SDGs. 

Harapan untuk kedepannya semoga ilmu yang telah disampaikan dapat diterapkan dikehidupan sehari – hari demi menjaga lingkungan dan mengurai sampah yang ada.

Link Youtube:

https://www.youtube.com/watch?v=5LZbEN6I1Ik

https://www.youtube.com/watch?v=-QJ__4js6W4


0 comments:

Post a Comment