Mempersiapkan Latihan Divisi Panjat Tebing


Latihan Divisi merupakan wadah untuk para anggota MAPALA UNTAN mengembangkan keterampilan alam bebas. Di tahun 2016 kali ini pada tanggal 15-21 September 2016 para #pemanjatmapalauntan akan berangkat di Desa Sinar Kuri, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang untuk melakukan latihan panjat tebing di Tebing Kuri. Desa Sinar Kuri bukan desa yang asing didatangi MAPALA UNTAN, ini kali ketiga didatangi setelah sukses membuat jalur panjat di tahun 2013 dan beberapa bulan lalu menemani rekan dari Swedia.

Rio selaku Koordinator menjelaskan bahwa latihan divisi kali ini akan membuat jalur panjat dengan teknik artificial climbing. Setelah dibuat, jalur akan dinamai, ditentukan tingkat kesulitannya (grade), jenis batuan, dipetakan dan diinformasikan sebagai data bagi pemanjat tebing yang nantinya akan melakukan pemanjatan di tempat yang sama. Lima orang personil yang terdiri dari Ega, Rafino, Risko, Eko, dan termasuk Rio berharap semakin meningkat kemampuan mereka dalam panjat tebing dan tahun depan mampu menaiki Bukit Unta atau Bukit Batu Daya yang merupakan Big Wall terbesar kedua setelah Bukit Kelam.

Sumber daya alam di Kalimantan Barat masih banyak yang belum di eksplore. Tebing-tebing tinggi yang menjulang sebagai salah satunya yang belum terdata secara keseluruhan. Ini menjadi tantanan tersendiri untuk diselesaikan oleh Divisi Panjat Tebing MAPALA UNTAN. Good luck guys.. (syh278tb)

0 comments:

Post a Comment