Peduli Lingkungan, Peduli Sesama, 34 Tahun Mapala Untan

Memperingati hari berdirinya Mapala Untan ke-34, yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober. Mapala Untan mengadakan rangakaian acara dengan tema “Peduli Lingkungan, Peduli Sesama.” Rangkaian kegiatan ini terdiri dari penanaman pohon, donor darah, cek kesehatan mulut, bakti amal,dan lomba fotografi. Konsep kegiatan ini didasarkan pada lingkup aktifitas Mapala Untan yang utamanya adalah berkegiatan di alam bebas serta pelestarian alam dan lingkungan serta pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat jalinan silaturahmi antar sesama serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, khususnya lingkungan tempat tinggal.

Jaka Anugrah, sebagai ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa dengan diadakannya rangkaian acara peringatan hari ulang tahun Mapala Untan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa manusia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan agar tetap terjaga dan selalu berupaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Rangkaian  kegiatan peringatan hari berdirinya Mapala Untan ke-34 ini yang dimulai pada 22 Agustus 2016 dengan pelaksanaan kegiatan penghijauan dan dilanjutkan dengan kegiatan sosial donor darah yang melibatkan seluruh anggota Mapala Untan, Anggota Luar Biasa dan Anggota Biasa. Malam puncak peringatan dilaksanakan pada 27 Oktober 2016 dengan mengundang seluruh UKM tingkat universitas yang ada di Universitas Tanjungpura serta rekan-rekan Mapala yang ada di Pontianak.


Pada tanggal 30 Oktober tepatnya hari Minggu  rombongan panitia HUT 34 Mapala Untan dan Anggota Mapala Untan lainnya mendatangi Panti Asuhan Bina Kalbar yang berlokasi di Batu Layang untuk melaksanakan kegiatan bakti amal. Kegiatan yang dilakukan di panti asuhan Bina kalbar antara lain pengecatan ruangan panti, penyampaian materi mengenai pelestarian lingkungan, serta penyerahan barang bantuan yang layak dipergunakan.
Juliana yang merupakan salah satu pengelola panti asuhan Bina Kalbar menuturkan kegiatan seperti ini ( bakti sosial ) sangat bagus dilaksanakan, selain menjalin silaturahmi juga dapat memberikan pembelajaran kepada anak-anak dalam menempuh pendidikan lewat aktifitas yang dilakukan maupun material yang ditampilkan.

Asmadi salah satu Anggota Mapala Untan berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan oleh mahasiswa yang terikat pada Tri Dharma perguruan tinggi, kedepannya diharapkan kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

0 comments:

Post a Comment