ARTI PENTING BIODIVERSITY DAN UPAYA KONSERVASI


Hari lingkungan Hidup atau World Environtment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni untuk mengambil tindakan positif dalam melindungi alam dan planet Bumi. Langkah ini juga di ambil PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.
Tahun 2020, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah “Time For Nature” yang mengajak seluruh penduduk dunia untuk menyadari bahwa ruang hidup di planet yang ditinggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature) sehingga harus kita jaga kelestariannya. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang bertepatan pada tanggal 05 Juni 2020, MAPALA UNTAN menyelenggarakan web seminar yang dilakukan secara daring. Seminar ini mengusung tema "Arti Pentingnya Biodiversity dan Upaya Konservasi".  Tema  ini diusung adalah untuk menghadapi krisis keanekaragaman biologis (biodiversity crisis), yaitu penurunanan yang sangat cepat dalam keanekaragaman kehidupan bumi saat ini. 
Web seminar ini mengundang narasumber berkompeten pada bidangnya yaitu Imanul Huda S.hut. , M.hut. ( MPA-U.8910133/TR) Direktur PRCF Indonesia Country Program Manager. Imanul Huda atau lebih sering di panggil sebagai Aa’/Pak Im. Beliau bergabung dengan PRCF sejak pertengahan 1999 hingga saat ini. Beliau bekerja dengan komunitas dan organisasi lokal untuk memberdayakan masyarakat pribumi disekitar hutan di Kalimantan barat untuk melestarikan kebudayaan. Kegiatan ini merupakan perwujudan terhadap kampanye terhadap upaya konservasi. Harapanya dengan adanya web seminar ini dapat dalam semua bidang khususnya pada bidang konservasi.
(G.R. Charles, 5_6_2020)

0 comments:

Post a Comment