Kunjungan Silaturahmi Mapala Untan ke Kantor Tribun Pontianak

Sesuai dengan program kerja biro Humas, Publikasi dan Dokumentasi yaitu kunjungan silaturahmi pada hari jum’at , 5 maret 2015 pukul 14.00 delapan orang Anggota Biasa dan lima orang Anggota Muda menyambangi Kantor Tribun Pontianak dan langsung diarahkan ke ruang pertemuan. Tak lama kemudian masuklah Pimpinan Direksi  Tribun Pontianak, Bapak Ahmad Suroso. Beliau memberikan sambutan yang kemudian dilanjutkan oleh Hendra Budaya selaku Ketua Umum MAPALA UNTAN menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan kami. Setelah itu Bapak Ahmad Suroso kembali memberikan penjelasan umum seputar Tribun Pontianak yang pada bulan Agustus nanti akan berulang tahun ke tujuh

Harian Tribun Pontianak saat ini tidak hanya berupa media cetak tapi juga sudah memiliki edisi on line yang semakin memudahkan para pembacanya seiring dengan perkembangan zaman. Beliau menjelaskan proses untuk membuat suatu berita online berawal dari ketika wartawan mengetik berita yang didapatnnya lalu dikirim ke Milis Tribun Pontianak setelah itu diterima oleh redaktur barulah menjadi sebuah berita online. Pada sesi tanya jawab beliau menjelaskan bahwa wartawan memiliki job desk masing-masing yaitu wartawan daerah, luar negeri, ekonomi, pemerintahan, life style, dan olahraga. Beliau juga memberikan tips membuat tulisan agar menarik pembaca yaitu tekankan pada why dan how serta gunakan bahasa yang friendly agar tidak membuat bosan para pembacanya serta hindari hal-hal yang bersifat normatif. Karena waktu yang terbatas beliau menyudahi pembicaraan sebelum beliau meninggalkan ruangan kami menyerahkan sebuah plakat sebagai kenang-kenangan yang diserahkan oleh Hendra Budaya.

Dipandu oleh seorang editor, kami berkeliling ruang redaksi dan percetakan, namun sayang, pencetakan surat kabar dilakukan pada pukul 21.00 wib sehingga kami tidak dapat melihat proses pencetakan. Beliau menjelaskan bahwa pencetakan dilakukan hingga pukul 24.00 wib dan dikirim berdasarkan lokasi terjauh terlebih dahulu. Beliau juga menjelaskan bahwa saat ini masyarakat lebih tertarik melihat video, sehingga saat ini video sangat diperlukan dalam pemberitaan walaupun durasi video tersebut tidak lama. Beliau juga memberikan masukan kepada kami bahwa kami mapala yang sering masuk ke daerah terpencil berpotensi untuk memberikan informasi untuk diberitakan, terutama daerah berpotensi pariwisata dan sebagainya. Setelah selesai melihat bagaimana isi ruang percetakan, selesai juga kunjungan kami. Setelah berpamitan dengan pihak Tribun Pontianak, kami pulang kembali ke sekretariat tercinta.

MPA-U.1320301/PS

0 comments:

Post a Comment