Ekspedisi Lintas Batas_Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi

MAPALA UNTAN_“Ekspedisi lintas batas sebagai perwujutan tri dharma perguruan tinggi” adalah tema yang diusung oleh anggota muda MAPALA UNTAN angkatan 39 dalam menggelar Ekspedisi Wajib.

Upacara pelepasan Tim Ekspedisi Puai Anggota Muda Angkatan 39

Tahun ini anggota muda akan melakukan ekspedisi wajib dengan nama tim “Puai expedition”. Nama tersebut diambil dari nama gunung yang akan mereka daki yaitu gunung puai atau sering disebut masyarakat sekitar sebagai gunung poe. 

Tim puai yang beranggotakan  5 orang ini akan melaksanakan ekspedisi wajib di Dusun Tapang, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas pada tanggal 10 Agustus 2023. Ekspedisi ini berlangsung selama 12 hari dan akan selesai pada 21 Agustus 2023.

Tri dharma perguruan tinggi adalah dasar dalam melakukan ekspedisi wajib anggota muda angkatan 39 yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan pengabdian pada masyarakat. Selain itu, ada pendakian gunung dengan ketinggian diatas 1000 MDPL sebagai salah satu syarat dari organisasi untuk menjadi anggota biasa MAPALA UNTAN.

Adapun rangkaian kegiatan ini yang pertama yaitu pengabdian pada masyarakat seperti bakti sosial bersih bersih lingkungan bersama masyarakat sekitar, Pembagain poster tentang manfaat hutan di dusun, penanaman pohon di beberapa titik desa dan penambahan plang di setiap gang dusun.

Tim juga akan melakukan pendidikan dan pengajaran di SDN 04 Dusun Tapang dengan rangkaian kegiatan senam sehat bersama, kerja bakti bersama siswa, lomba mewarnai bagi siswa kelas 1-3 SD, lomba menulis cerita dengan tema sekolah ku bagi siswa kelas 4-6 SD, Pembuatan perpustakaan mini dan penanaman pohon di beberapa titik sekolah SDN 04 Tapang.

Penelitian yang akan dilakukan oleh anggota muda berjudul pemanfaatan hasil hutan bukan kayu sebagai kerajinan anyaman oleh masyarakat dusun tapang desa kaliau kecamatan sajingan besar kabupaten sambas.

Kegiatan terakhir yaitu pendakian gunung puai dengan ketinggian 1120 MDPL. Pendakian ini akan dilakukan dengan menerapkan materi navigasi darat.

Dengan persiapan yang sudah cuckup lama, anggota muda berharap ekspedisi wajib ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa Kaliau khususnya Dusun Tapang

Penulis: MPA-U . 2220378/DD

0 comments:

Post a Comment