Menumbuhkan Karakter Cinta Alam pada Generasi Penerus Bangsa


Menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil, salah satunya dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga kita dari bencana banjir. Maka dari itu sangat penting mengajarkan cinta lingkungan sejak dini bagi generasi penerus bangsa.

Siswa kelas 6 SDN 9 Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kuburaya melakukan aksi penanaman pohon di lingkungan sekolah bersama MAPALA UNTAN. Adapun jenis tanaman yang ditanam adalah pohon peneduh dan pohon buah yaitu trembesi, sengon, rambutan dan durian.


Gerakan positif ini disambut gembira oleh sekitar 70 siswa-siswi yang didampingi guru - guru dan kepala sekolah. Langkah penghijauan yang digagas oleh MAPALA UNTAN dilaksanakan mengingat anak-anak sebagai bagian dari masyarakat dan generasi penerus bangsa agar memahami dengan baik wawasan tentang pelesatarian lingkungan. 


Selain diajarkan cara menanam bibit pohon siswa-siswi perwakilan kelas 6 tersebut di edukasi pengetahuan tentang kelestarian lingkungan hidup, terutama arti penting hutan itu sendiri yang berada di pulau Kalimantan yang dianggap sebagai paru – paru dunia.



Kami berharap, kegiatan ini menjadi awal dari dari tertanamnya rasa peduli terhadap lingkungan bagi generasi penerus bangsa. Semoga dengan mengetahui manfaat dan cara menanam pohon, selanjutnya mereka bisa menanam pohon atas kesadarannya sendiri. Mereka harus peduli dengan lingkungannya, terutama lingkungan sekitar tempat tinggal mereka, sehingga kelestarian sekitarnya akan terus terjaga.

0 comments:

Post a Comment