MAPALA UNTAN KENALKAN PRODUK TURUNAN DARI MANGROVE


Jumat 25 Juni 2021, dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup, maka diadakanlah kegiatan Penyuluhan Pengelolaan Hasil Mangrove yang bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya hutan mangrove sebagai salah satu komoditi sumber daya laut yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat di desa Sungai Kupah juga meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pengelolaan mangrove.

MAPALA UNTAN bekerjasama dengan BW KEHATI UNTAN melakukan kegiatan Penyuluhan Pengelolaan Hasil Mangrove yang berlokasi di Ekowisata Telok Bediri yaitu di Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kegiatan Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2021 yang diikuti oleh PKK Desa Sungai Kupah, Ibu PKK Kecamatan Sungai Kakap, POKDARWIS Sungai Kupah, Pengelola Ekowisata Telok Berdiri dan Anggota MAPALA UNTAN.

Kegiatan dibuka dengan pemberian kata sambutan oleh ketua panitia dan ketua umum MAPALA UNTAN, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan masuklah di kegiatan inti yaitu penyampaian materi pertama oleh ibu Siti Puji Lestari Ningsih, S.Si, M.Sc. yang membahas tentang penyuluhan pelestarian mangrove guna kehidupan yang berkelanjutan serta upaya apa yang dapat kita lakukan dalam bentuk aksi dari pelestarian mangrove.

Materi kedua dilanjutkan oleh  ibu Destiana, S.Hut. M.Sc, yang menyampaikan materi tentang Pengolahan Hasil Mangrove dengan bahasan jenis mangrove apa yang dapat diolah dan dapat diolah menjadi apa jenis mangrove tersebut, serta bagaimana upaya tindak lanjut masyarakat dalam penyuluhan ini. 

Penyampaian materi ini dilakukan dalam bentuk diskusi dan tampak masyarakat sangat antusias dibuktikan dengan diskusi antara pemateri dan peserta yang baik juga Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sekitar yang mengikuti kegiatan ini dengan adanya keinginan bahwa ada tindak lanjut dari penyuluhan ini berupa praktek langsung pengolahan mangrove tersebut.



0 comments:

Post a Comment