Kolaborasi dalam memperingati Hari Orangutan Sedunia

Konservasi_Mapala Untan berpartisipasi dalam kegiatan kampanye peduli orangutan yang diselenggarakan oleh organisasi waralaba yang mengusung misi pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat, Yayasan PRCF Indonesia.

Foto bersama PRCF Indonesia, Mapala Untan dan Silva Untan sebelum turun ke lokasi

Aksi ini dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2023 dengan tujuan menyampaikan pesan bahwa orangutan dan habitatnya dalam status terancam dan diperlukan pelestarian. Selain MAPALA UNTAN, beberapa anggota dari silva PC UNTAN  juga ikut meramaikan aksi kampanye yang dilakukan di Bundaran Digulis UNTAN ini.

Selama kurang lebih 2 jam anggota MAPALA UNTAN, Silva PC UNTAN dan Yayasan PRCF Indonesia turun membagikan souvenir berupa kipas tangan, gantungan kunci dan stiker bertema orangutan. Ada sebanyak 100 buah kipas tangan, 100 buah gantungan kunci dan sekitar 200 stiker yang disediakan oleh yayasan PRCF Indonesia untuk dibagikan kepada masyarakat yang melintas di jalan Ahamd Yani Pontianak.

Orangutan merupakan salah satu hewan endemik yang dilindungi oleh pemerintah karena sudah terancam punah. Pemburuan liar dan rusaknya hutan tempat orangutan hidup menyebabkan hewan ini semakin sedikit. Orang utan berperan penting bagi regenerasi hutan, jadi hilangnya orangutan mencerminkan hilangnya ratusan spesies tanaman dan hewan di hutan hujan tropis.

Melalui aksi ini diharapkan masyarakat sadar dan memiliki kepedulian dalam menjaga dan melestarikan orangutan karena orangutan sangat bernilai bagi kehidupan manusia.

"Karena Hanya Manusia Yang Bisa Menentukan Nasib Alam Beserta Isinya"

Penulis:MPA-U . 2220378/DD  

0 comments:

Post a Comment