Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya merupakan kawasan konservasi yang terletak di jantung

Pulau Kalimantan. Kawasan ini memiliki peranan penting dalam fungsi hidrologis sebagai daerah tangkapan bagi Daerah Aliran Sungai Melawi di Kalimantan Barat dan Daerah Aliaran Sungai Katingan di kalimantan Tengah. Kawasan hutan Bukit Baka-Bukit Raya Merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan tropika pengunungan yang mendominasi puncak-puncak pegunungan Schwaner.

Di taman nasional ini tercatat ada 817 jenis tumbuhan yang termasuk dalam 139 famili diantaranya Dipterocarpaceae, Myrtaceae, Sapotaceae, Euphorbiaceae, Lauraceae, dan Ericadeae. Terdapat juga tumbuhan obat-obatan, anggrek hutan, bungga Raflesia (Raflesia sp.) yang merupakan tumbuhan parasit terbesar dan juga tumbuh di Gunung Kinibalu Malaysia.

Hewan yang tinggal di TNBBBR diantaranya yaitu beruang madu (Helarctus malayanus), musang wisel (Mustela nupides), macan dahan (Neofelis nebulosa), kucing hutan (Felis begalensis), kucing emas (Felis badia), babi hutan putih (Sus barbatus), babi hutan (Sus scrofa), orang utan (Pongo pygmaeus), wau-wau (Hylobates lar), Jenis burung yang menetap di taman nasional ini antara lain enggang gading (Buceros Vigil), elang tiram (Pandion haliaetus), elang bondol (Haliaetus indus), ayam hutan (Lophura bulweri), dan kuau kerdil kalimantan (Polyplectron schleiermacheri) yang merupakan burung endemik pulau kalimantan yang paling langka dan terancam punah.

0 comments:

Post a Comment