Selembar Daunku, Secerah Kehidupanmu

WORKSHOP LINGKUNGAN HIDUP MAPALA UNTAN 2015 Penanaman 200 Pohon
SDN 01 dan SDN 05 Rasau Jaya


Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 05 Juni 2015, MAPALA UNTAN bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Kalimantan Barat mengadakan sebuah kegiatan sederhana, yaitu Workshop Lingkungan Hidup. Kegiatan yang dikoordinasikan oleh Melinda Zulpitasari ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat -terutama generasi muda- akan pentingnya alam dan lingkungan yang lestari dan berkelanjutan untuk kemanusiaan. Kegiatan workshop ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 06 Juni 2015.

Ide awal dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah rendahnya kesadaran sebagian besar masyarakat Indonesia akan lingkungan yang lestari. Usaha untuk meningkatkan kesadaran tersebut akan lebih efektif jika dilakukan sejak usia dini, pemikiran tersebut menjadi dasar untuk menjadikan siswa dan siswi sekolah dasar -dalam hal ini SDN 01 dan 05 Rasau Jaya- sebagai subjek dari kegiatan ini. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para siswa dan siswa tersebut dapat lebih memahami pentingnya lingkungan yang lestari.

Waktu kegiatan dimulai pada pukul 08.00-11.30 WIB, meskipun cuaca kurang bersahabat, kegiatan tetap berjalan dengan baik dan lancar. Hujan yang mengguyur sepanjang perjalanan dari sekretariat menuju Rasau Jaya tidak menurunkan semangat anggota. Kegemberiaan terbesar yang kami rasakan yaitu saat BPDAS Provinsi turut serta untuk terjun bersama MAPALA UNTAN mengkampanyekan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini kepada adik-adik calon penerus bangsa tersebut. Tidak cukup hanya memberikan bantuan bibit, pihak BPDAS juga bersedia menjadi pembicara dalam Workshop tersebut. Begitu pula dengan pihak sekolah dasar di rasau jaya, kepala sekolah di masing-masing sekolah juga telah bersedia memfasilitasi MAPALA UNTAN dan BPDAS Provinsi melakukan kegiatan di lingkungannya.

Workshop sekaligus sharing pengetahuan berjalan dengan lancar, terbukti dari antusias siwa-siswi sekolah dasar tersebut yang menjadikan kegiatan ini terasa sangat interaktif. Rasa ingin tahu dari mereka untuk mengetahui lebih tentang apa itu Lingkungan di paparkan oleh BPDAS Provinsi, kemudian dilanjutkan materi oleh MAPALA UNTAN. Setelah sesi sharing usai, acara selanjutnya yaitu serah terima bibit dari BPDAS ke pihak sekolah.

Setelah workshop seharusnya dilakukan penanaman bersama  bibit pohon yang berasal dari kebun bibit BPDAS dan PT. Muara Sungai Landak sebanyak 200 bibit pohon di area dua sekolah dasar tersebut. Adapun jenis bibit yang diberikan berupa pohon buah-buahan dan pohon keras lainnya seperti trembesi, tengkawang, jabon, akasia dan jenis pohon peneduh lainnya. Namun, sehubungan dengan hujan yang tak kunjung reda di Rasau Jaya pada saat kegiatan, rencana penanaman bibit bersama-sama tidak jadi dilakukan dan diganti dengan penanaman bibit secara simbolis. Penanaman bibit-bibit yang lainnya direncanakan akan dilaksanakan setelah kondisi tanah normal oleh pihak sekolah.

Ucapan terimkasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan kegiatan Workshop Lingkungan Hidup 2015 ini, yaitu BPDAS Provinsi Kalimantan Barat dan PT. Muara Sungai Landak serta SDN 01 & 05 Rasaju Jaya. Semoga setelah kegiatan ini bermanfaat untuk lingkungan yang lebih baik dan mempererat hubungan silahturahmi diantara lembaga-lembaga yang terlibat.
Sadarlah bahwa bumi kita semakin tua, keadaan lingkungan kita mulai dipandang sebelah mata, mari bersama mengembalikan fungsi serta peranan bumi kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon, menghemat daya listrik dan tidak menggunakan air secara berlebih. Mari berbagi pengetahuan tentang lingkungan hidup ke orang-orang terdekat, dan alangkah lebih baiknya sadar lingkungan itu dimulai sejak dini. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi..???
Penulis : Sang Alang
Editor  : JP Pawa

0 comments:

Post a Comment