Undak Bentawak



Bryophyta Expedition merupakan sebuah ekspedisi penelitian tumbuhan lumut di Gn. Keliung kawasan Cagar Alam Niut. Ekspedisi ini terdiri dari 7 orang Anggota Muda MAPALA UNTAN, yakni Rio Afiat, Toni Hermawan, Pandi Sanjaya, Eko Suriadi, Resky Ananda Putra, Teti Laila Adha, dan Suprehatin. Tim BE turut dibimbing dua mentor perjalanan, yakni Sy. Yulius Hadinata dan Alif Jufenel serta Anggota Kehormatan yaitu Pak Atta. Turut juga bersama Bang Sulam sebagai masyarakat Dawar sebagai pendamping selama ekspedisi.

Tim BE memulai pendakian sekaligus penelitian lumut di Gunung Keliung berbekal semangat dan tekad yang kuat sebagai kewajiban Anggota Muda untuk menjadi Anggota Biasa MAPALA UNTAN.
Jalur serta medan pendakian yang ditempuh oleh Tim BE begitu penuh tantangan alam berupa semak belukar berduri, pacet yang berseliweran serta cuaca yang kala itu musim penghujan. Tiada hari tanpa hujan badai. Akan tetapi berbagai tantangan tersebut tidaklah menjadi hambatan bagi Tim BE, hingga pada hari yang dinanti Tim BE berhasil menginjakkan kaki di puncak Gn. Keliung yg menjadi tujuan pendakian. 

Upacara pelantikan menjadi Anggota Biasa MPAU di puncak Gn. Keliung pun dapat dillaksanakan. Berawal dari pelantikan inilah Tim BE menjadikan Undak Bentawak sebagai nama angkatan. Undak Bentawak itu memiliki arti undak dalam bahasa setempat artinya duri dan bentawak nama lain dari Gunung Keliung. Jadi diambil secara garis besar sejarah terbentuknya Undak Bentawak adalah terdapat duri yang sangat banyak di sekitaran puncak Gunung Keliung.

Demikianlah sejarah kilas balik awal mula lahirnya angkatan Undak Bentawak.

No. Nama Anggota      Nomor Anggota 
1 Eko Suryadi MPA-U. 1310290/UB
2 Pandi Sanjaya MPA-U. 1310291/UB
3 Resky Ananda Putra MPA-U. 1310292/UB
4 Rio Afiat MPA-U. 1310293/UB
5 Suprehatin MPA-U. 1320294/UB
6 Teti Laila Adha MPA-U. 1320295/UB
7 Toni Hermawan MPA-U. 1310296/UB

0 comments:

Post a Comment