Herbis Expedition Alih Status Menjadi Anggota Penuh Mapala Untan

Ekspedisi wajib  merupakan salah satu syarat menjadi anggota penuh MAPALA UNTAN. Ekpedisi ini didasari 3 pilar Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat. Pendakian gunung di atas 1000 MDPL juga menjadi salah satu syarat dari badan pengurus untuk melakukan ekspedisi wajib.

 

            Tahun ini ada sebanyak 10 anggota muda angkatan 38 yang mengikuti ekspedisi wajib di antaranya yaitu Dedi Sugiyanto sebagai ketua tim dan anggotanya yaitu Lusiana Rosianti, Sarina, Gresi Yovany Purba, Choesy Ananda Adrianti, Yuviana Sunacin Usun, Ari Samudra, Wisnu Prayitno dan Kresensia Tri Aulia. Ekspedisi yang bernama Herbis Expedition ini di lakukan di Dusun Keyayo, Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau pada tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2022.

            Dengan dilaksanakannya upacara keberangkatan yang dihadiri senior MAPALA UNTAN baik anggota biasa maupun anggota luar biasa, tim Herbis Expedition resmi diberangkatkan ke Dusun Keyayo tempat tim melakukan ekspedisi.

            Ekspedisi ini menempuh perjalanan yang panjang dari Pontianak menuju Dusun Keyayo karena dusun yang berada jauh dari pusat kota. Saat menginjakkan kaki di Dusun Keyayo, tim banyak disuguhi pemandangan yang sangat indah, seperti pegunungan yang ada di setiap sudut desa dan salah satu objek wisata yaitu Riam Bato Jato yang berada di Desa Pantok. Keindahan alam yang masih asri  dan tumbuhan hijau yang masih lebat menjadi bonus bagi tim ketika melakukan ekspedisi wajib di Dusun Keyayo.

Waktu 12 hari Tim herbis telah selesai melakukan 4 rangkaian kegiatannya untuk memenuhi syarat menjadi anggota penuh MAPALA UNTAN yaitu pengabdian pada masyarakat di Dusun Keyayo, pendidikan dan pengajaran di SDN 33 Keyayo, Penelitian pemanfatan tumbuhan obat sebagai obat tradisional, dan pendakian gunung Naning 1240 MDPL. Upacara pengukuhan anggota tim herbis di laksanakan di puncak Gunung Naning di dampingi oleh 2 orang mentor dari MAPALA UNTAN.

Ekpedisi ini tidak akan bisa sukses tanpa adanya persiapan yang begitu matang seperti latihan fisik, penambahan materi dari MAPALA UNTAN, pengumpulan dana, penyusunan proposal, peresentasi proposal pencarian informasi dan perizinan.

Terimakasih kepada Universitas Tanjungpura, Yayasan Kehati, Bw Kehati, Surya Nation, Terminal Konveksi, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, serta media partner dari Tribun Pontianak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ekspedisi wajib tim Herbis Expedition. Tidak lupa juga tim berterimakasih kepada semua anggota MAPALA UNTAN baik anggota biasa maupun luar biasa yang tidak pernah lelah memberikan masukan dan saran dalam kegiatan ini.



0 comments:

Post a Comment