Prilaku Mahasiswa yang Mencintai Alam

Berikut adalah beberapa tips yang cukup mudah untuk anda aplikasikan di kampus, hanya hal-hal kecil dan saya yakin tidak sulit untuk dilakukan.  Prilaku ramah lingkungan termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  • Mengantongi sampah miliknya hingga menemukan tempat sampah untuk membuangnya.  Sampah adalah masalah paling besar dalam lingkungan masyarakat modern saat ini, jangan sampai sampah dari kita sendiri ikut memenuhi bumi yang kita cintai ini.  Paling tidak cobalah untuk mencari tempat sampah untuk membungnya, jangan sembarangan.
  • Membawa air minum dari rumah.  Sangat banyak manfaatnya membawa air minum dari rumah, misalnya lebih terjamin kebersihannya dan kita bisa mengurangi sampah dari kemasan air yang kita beli.
  • Tidak menyisakan makanan atau minuman.  Sisa makanan atau minuman termasuk sampah, dan coba pikirkan kembali berapa banyak energi yang dikeluarkan untuk makanan dan minuman yang kalian konsumsi!
  • Membawa kantong plastik sendiri saat belanja ke toko.  Jika akan belanja barang yang “kering”, cobalah untuk membawa plastik sendiri dari rumah.  Kalian akan merasakan suatu kepuasan tersendiri saat kalian berhasil mengurangi satu kantong plastik yang mungkin terbuang setelah kalian pulang kerumah.
  • Mengurangi jalan-jalan keliling kota tanpa tujuan.  Jalan-jalan keliling kota tanpa tujuan banyak dilakukan oleh abg-abg yang belum stabil kejiwaannya, apakah kalian sebagai mahasiswa merasa masih abg?  Dengan mengurangi jalan-jalan tanpa tujuan ini kalian bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, mengurangi polusi, dan mengurangi pengeluaran kalian.  Dan tentu kalian dapat memanfaatkan waktu kalian untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.
  • Mengurangi kebiasaan merokok.  Jika tidak bisa berhenti merokok, cobalah untuk menguranginya.  Masalah ini banyak penejelasannya, silahkan cari di mbah google.
  • Berjalan kaki jika jaraknya tidak jauh.  Kalau anak untan mau ke rektorat, sepertinya tidak terlalu jauh, selain hemat bbm, kita juga bisa lebih sehat dengan berjalan kaki.

Cukup mudah bukan,  saya yakin tidak sulit untuk dilakukan .  Jika tidak bisa semua, coba aplikasikan dalam prilaku sehari-hari anda dua atau tiga tips diatas.  Anda akan semakin bersemangat untuk mengaplikasikan yang lainnya.  Tips ini tidak terbatas untuk mahasiswa, semua orang bisa. Termasuk ANDA.

Jika anda masih punya tips yang lain, silahkan tambahkan dengan menuliskannya kedalam kolom komentar dibawah ini.

2 comments:

  1. Selain jalan kaki juga lebih asyik dan lebih sehat menggunakan sepeda (gowes) ke kampus lebih ok, lagian sekarang lagi trend naik sepeda :)

    ReplyDelete