Satwa Liar di Kampus Khatulistiwa

Walaupun lahan terbuka hijau hanya tinggal sedikit saja di kampus Untan, ternyata Untan tetap menyimpan beberapa spesies fauna liar di dalam kawasannya. Sewaktu masih kuliah dulu saya juga masih sering melihat beberapa fauna tersebut berkeliaran dengan bebas di kampus. Beberapa fauna yang saya ingat adalah sebagai berikut:
1. Biawak, kadal besar ini senang tinggal di semak-semak yang rapat. Dalam kawasan kampus Untan biawak dapat kita temui di sekitar semak-semak di wilayah belakang fakultas Teknik, belakang fakultas Mipa dan mungkin masih banyak di belakang fakultas Ekonomi kalau hutan akasianya tidak di habisi jadi kebun sawit.
2. Burung Perkutut, burung ini akan mudah ditemui pada hari minggu. Karena pada hari minggu kampus agak sepi, sehingga mereka lebih berani untuk bermain di kawasan kampus. Kita bisa melihat burung ini di atas pohon-pohon di halaman rektorat dan di bumbungan fakultas pertanian. Saya juga jarang melihatnya, tapi saya sering mendengar suaranya.
3. Tupai, hewan ini mungkin sudah jarang sekali kita temui, saya juga lupa-lupa ingat pernah melihatnya di Untan, tapi ada teman yang pernah lihat, bukti yang cukup otentik adalah kita bisa menemukan buah kelapa yang sudah berlubang di halaman rektorat.
4. Musang, musang cukup sering saya lihat. Seringkali musang berjalan di kabel listrik di daerah komplek perumahan dosen di jalan Karangan. Musang senang makan buah-buahan, tapi biasanya lebih senang dengan ayam. Biasanya satwa ini tinggal di dek rumah kosong atau semak-semak, tempat yang paling mungkin adalah di dekat lapangan GOR Untan, dekat kampus Kehutanan. Namun saya yakin paling banyak di daerah yang dekat dengan hutan di belakang fakultas Ekonomi.
5. Kura-kura, saya pernah melihat kura kura di depan auditorium. Kalau mahasiswa lama pasti tahu dulu di depan audit itu ada kolam yang sekarang sudah di timbus. Sayang sekali, padahal kolam tersebut ditumbuhi teratai besar yang bunganya sangat indah sekali. Di kolam ini lah saya pernah melihat kura-kura. Antara mimpi dan kenyataan, tapi saya yakin ini nyata karena saya pernah menemukannya di ujung jalan sepakat yang masih hutan akasia dan semak-semak.
6. Kera ekor panjang, kalau yang satu ini mungkin agak kontroversial. Menurut seorang teman, kera ekor panjang biasanya main di kampus Fekon. Kemungkinan kera datang ke fekon karena daerah jelajahnya termasuk kawasan kebun ubi di dekat sepakat, menurut salah satu sumber, kera-kera tersebut biasanya ikut memanen ubi yang ditanam penduduk setempat. Sayangnya belakang fekon sekarang sudah menjadi kebun Sawit (panen sawitnya buat siapa ya?)
Selain fauna-fauna tersebut banyak fauna lain yang dapat kita temui, misalnya kadal (bengkarung), ular, capung, serangga, katak, dan lain sebagainya. Silahkan amati sendiri ya, tapi kalau teman-teman menemukan fauna yang unik di Untan, silahkan di share ya.

0 comments:

Post a Comment