Earth Hour Mapala Untan 2012


Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura pada hari Jum’at (30/3) mengadakan kegiatan “hemat energi” atau dikenal sebagai Earth Hour 2012. Suatu bentuk kepedulian masyarakat yang dituangkan dengan mematikan lampu dan alat elektronik lainnya selama satu jam, yaitu pukul 20.30-21.30 pada tanggal 31 Maret 2012.Kegiatan yang dilakukan MAPALA UNTAN ini berupa pembagian stiker yang berbunyi: Matikan Lampu Satu Jam, Nyalakan Kehidupan Masa Depan !!!


Kegiatan sederhana ini merupakan himbauan untuk ikut berpartisipasi dalam aksi hemat energi ini agar masyarakat umum dapat lebih sadar akan penghematan energi. Aksi tersebut  bukan hanya dilakukan pada hari tersebut saja namun juga dapat diterapkan selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan kepada masyarakat, khususnya mahasiwa agar lebih aktif dan sadar dalam aksi hemat energi ini. Kegiatan pembagian stiker ini dilaksanakan di bundaran UNTAN dengan tiga arah lokasi yang berbeda.

Terlihat respon positif dari pengguna jalan saat membaca spanduk dan stiker tersebut hingga menanyakan langsung kepada anggota MAPALA UNTAN kapan aksi EartH Hour itu sendiri dilaksanakan. Aksi ini bukan suatu bentuk paksaan kepada masyarakat untuk mematikan seluruh aliran listrik dirumah mereka, namun bisa diterapkan dengan mematikan listrik yang sedang tidak digunakan atau bahkan hanya mematikan dua lampu saja!

Aksi hemat energi yang dilaksanakan secara global ini bertujuan untuk mengurangi dampak peningkatan emisi karbon dioksida (CO2) yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim dunia. Oleh karena itu, kesadaran individu dalam masyarakat sangat diharapkan demi kepedulian kita terhadap alam ini.

0 comments:

Post a Comment