Kunjungi Cagar Alam dan Cagar Budaya

Rombongan Perjalanan
(Lihat foto lainnya)
Mengisi akhir pekan 25-26 Mei 2013, Rio Afiat Rio Afiat sebagai Biro Pendidikan, Latihan dan Pengembaraan Mapala Untan Periode 2013/2014 mengutarakan Ide jalan-jalan dadakan yang menarik kepada anggota Mapala Untan. Gayung bersambut, 12 anggota yang terdiri dari 7 Anggota Muda (Arif, Fitriani, Dayang, Roni, Ariyono, Rafino dan Dwi), 4 Anggota Biasa (Yulius, Jeanne, Ega  dan Rio selaku kepala rombongan) dan 1 Anggota Luar Biasa (Bang Niwan) berangkat menuju Singkawang (Kota Amoi) untuk mengunjungi kawasan Gunung Poteng, Cagar Alam Raya Passi (CAGP), Singkawang.

Disekitar kawasan konservasi ini rombongan melakukan latihan navigasi darat dan bersih-bersih lingkungan dari sampah. Sepulangnya dari Singkawang, kami ziarah ke Makam Pahlawan Mempawah kemudian dilanjutkan ke Makam Raja Mempawah di Sebukit Rama Opu Daeng Manambon.
Kegiatan ini dilakukan dengam tujuan meningkatkan solidaritas sesama anggota, aplikasi materi kepencintaalaman, menghayati pentingnya kebersihan serta menghargai nilai-nilai sejarah. Kegiatan ini merupakan gebrakan awal Rio selaku Biro yang baru ditunjuk. Apresiasi diberikan langsung oleh Ketua Umum MAPALA UNTAN terpilih Periode 2013/2014 Syarif Yulius Hadinata yang juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Perjalanan dengan sepeda motor selama 3,5 jam tak menyurutkan hati para penggila jalan-jalan seperti mereka. Sabtu itu pukul 13.00 WIB kloter pertama yang berjumlah 4 anggota berangkat, kemudian disusul kloter kedua 8 anggota bergegas menyusul. Tepat 21.00 WIB semua telah berkumpul ria di Pondok ditepian kolam renang Poteng yang sudah tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Malam hari acara diisi dengan diskusi ringan tentang materi Navigasi Darat kepada Anggota Muda kemudian istirahat.

Bersih-bersih
Setelah sarapan di minggu pagi kegiatan latihan navigasi darat dimulai, semua Anggota Muda yang ikut dibimbing oleh Biro Pendidikan, Latihan dan Pengembaraan Rio Afiat, kegiatan ini dilangsungkan sambil membersihkan sebagian kecil lingkungan Gn. Poteng dari sampah-sampah. Kegiatan berlangsung hingga 11.43 WIB saat semua anggota rombongan berkumpul di kolam kaki Gn. Poteng. Setelah itu semua disibukkan dengan kegiatan packing untuk pulang. Restoran Bakmi Raos menjadi sasaran kami untuk mengisi kekosongan perut, “mumpung ada yang ulang tahun”. Arif yang saat ini ganjil 21 tahun menjadi bandar untuk membayar tagihan perut. Nyam..nyam..nyam, selesai makan siang perjalanan pulang dilanjutkan.
Makan siang di Restotan Bakmi Raos Singkawang
Sebelum memasuki gerbang kota Mempawah kami melakukan ziarah ke Makam Pahlawah Mempawah.
Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Cagar Budaya Makam Opu Daeng Manambon di Sebukit Rama. Jalan berlubang dan berdebu menjadi pemandangan yang sangat tidak asing dimata.

Makam Opu Daeng Manambon
Inilah ending dari kegiatan kunjungan dalam rangka mengisi liburan diakhir pekan ala MAPALA UNTAN. Banyak sekali hal bermanfaat yang dapat dilakukan didunia ini, jangan sia-siakan waktu anda, lakukan sesuatu yang bermanfaat, paling tidak untuk kita sendiri.

Gimbal Gembel
0278/TB

0 comments:

Post a Comment