Manfaat Bergabung di MAPALA UNTAN

Tak ada yang tak bermanfaat di dunia ini, apapun itu yang kamu lakukan. Mengenai manfaat bergabung bersama kami di MAPALA UNTAN, berikut ulasannya:

1. Membaur dengan Ragam Disiplin Ilmu dan Mengembangkan Jaringan
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Tanjungpura menjadikan kalian mengenal ragam karakter mahasiswa dengan disiplin ilmu yang ada di seluruh Universitas Tanjungpura yang saat ini sudah ada sepuluh fakultas. Kalian bisa saling berbagi pengetahuan antar fakultas dan menerapkannya dengan memadupadankan bidang ilmu yang dimiliki.

2. Mendidik dengan Teori dan Praktek Langsung
Karena kecenderungan kegiatan di alam menjadikan materi-materi kepencintaalaman akan lebih banyak aplikasi ketimbang teori. Jadi mahasiswa bukan hanya menjadi paham dengan teori namun juga langsung mengaplikasikannya. Media belajar pencinta alam adalah langsung di alam. 

3. Mengenal Penelitian Sebelum di Kampus
Penelitian merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar Strata 1 dengan bentuk skripsi. Rutinitas MAPALA UNTAN yang menerima anggota tiga angkatan terakhir masuk kuliah kadang mendapat mahasiswa yang belum mengenal mata kuliah metodologi penelitian. Walaupun demikian penelitian juga menjadi syarat mutlak jika ingin diterima menjadi anggota. Bedanya adalah Skripsi merupakan pekerjaan individu mahasiswa, sedangkan penelitian di proses Ekspedisi Wajib Penerimaan Anggota Baru (PAB) MAPALA UNTAN merupakan pekerjaan tim ekspedisi tersebut dengan rekan seangkatan mereka. Disinilah calon anggota akan mengenal pemahaman tentang penelitian yang kemudian nantinya akan didapat di ruang kelas kuliah. Bukan hanya mengenal namun langsung melakukan penelitian.

4. Belajar Bersosialisasi dengan Masyarakat
Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mapala Untan mengusung progra Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Bentuk program ini adalah bina desa yang telah berlangsung sejak tahun 1990-an. Setiap tahun anggota Mapala Untan juga melaksanakan PPM yang biasanya bersamaan dengan kegiatan pendakian gunung.

Itulah sebagian kecil dari manfaat bergabung dengan Mapala Untan. Tentu lebih banyak manfaat lainnya yang mungkin terlalu panjang untuk diceritakan disini. Teman-teman akan bisa merasakan langsung manfaatnya jika sudah bergabung dengan Mapala Untan.

Jadi, jangan terlalu lama berpikir. Ayo gabung dengan MAPALA UNTAN, mari bersama melihat dan merasakan, serta melindungi anugrah Tuhan Yang Maha Esa di alam nusantara. 

1 comment: