Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid MAPALA UNTAN 2017

MAPALA UNTAN, 3 Januari 2017 tepatnya pukul 08.00 WIB merupakan momen yang sulit dilupakan dan akan menjadi momen yang spesial bagi MAPALA UNTAN. Pada hari itu dilaksanakan Upacara Pelepasan Tim Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid Tanah Papua 4884 m dpl. Upacara pelepasan yang dilakukan selain untuk mendoakan para Tim pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Carstensz Pyramid juga mengangkat budaya dan tradisi di Kalimantan Barat yaitu budaya melayu.


Kegiatan upacara pelepasan tim Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid dilakukan di Aula PKM Universitas Tanjungpura yang dihadiri perwakilan pihak pendukung kegiatan yaitu Wakil Rektor III Universitas Tanjungpura Dr.Kamarullah, SH,M.Hum, Kapten Inf. Rohmad, H. Hidayat, TVRI Kalbar, Pertamina, AJK dan Mapala tingkat perguruan tinggi di Kalimantan Barat serta UKM Universitas Tanjungpura. Selain itu juga turut mengundang orang tua dari atlit serta seluruh Anggota MAPALA UNTAN.


Nama Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid diambil dari nama kerajaan Tanjungpura yang merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat. Ide pembentukan Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid ini terinspirasi dari almamater kebanggaan yaitu Universitas Tanjungpura dan kalimat Tanjungpura ini juga digunakan untuk instansi Militer serta seorang anggota luar biasa Mapala UNTAN yang telah mendaki 6 puncak tertinggi Indonesia. “Kegiatan seperti ini sangat bagus dan positif dilakukan karena sebagai mahasiswa kita perlu berinteraksi dan berprestasi. Semoga kegiatan ini terus berkembang lagi sehinggga dapat memberikan nama baik bagi almamater Universitas Tanjungpura dan semoga tim Pendaki yang diberangkatkan ke Gunung Carstensz Pyramid, tanah papua pulang dengan selamat dan kembali ke Almamater tercinta yaitu Universitas Tanjungpura” tutur Wakil Rektor III Universitas Tanjungpura Dr.Kamarullah,SH,M.Hum.


 Rafino yang bertindak sebagai Ketua Tim Pelaksana Ekspedisi Tanjungpura ini merupakan anggota aktif MAPALA UNTAN. Atlit yang diberangkatkan tentunya telah melakukan berbagai tahap persiapan seperti fisik, penambahan materi dan simulasi sehingga berangkatlah 4 orang atlit yaitu Dian Nurbaiti, Parman, Henny Widyastuti dan Irman Kostaman. Dua diantaranya adalah anggota biasa dan dua anggota lagi merupakan anggota luar biasa. Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid dilepas langsung oleh Dr.Kamarullah, SH, M.Hum selaku Wakil Rektor III Universitas Tangpura Pontianak dengan ditandai pemukulan gong. Upacara pelepasan juga disertai dengan uparaca adat tepung tawar kepada para atlit dengan mengharap segala kebaikan dan lindungan kepada Yang Maha Kuasa.

Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid akan dimulai dari 4-21 Januari 2017 pendakian akan di mulai dari Desa Swanggama yang merupakan start awal pendakian menuju puncak Carstensz Pyramid. Sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kita sebagai manusia tidak boleh sombong dan wajib menjaga serta melestarikan alam, adat dan budaya agar terciptalah kehidupan yang harmonis, aman damai serta asri. (Writer: MPA-U. 1520329/SN , Editor: MPA-U. 1120286/KS)

0 comments:

Post a Comment