Hujan es menemani di ketinggian 4884 mdpl


Anggota Biasa Mapala Untan (Dian N & Parman)













Carstensz Pyramid, delapan hari sudah ditempuh oleh tim pendaki Ekspedisi Tanjungpura MAPALA UNTAN dengan jalur pendakian yang sangat melelahkan hingga akhirnya berhasil menginjakkan kaki dan berdiri tepat di atap Papua, Carstensz Pyramid, 4884 mdpl.
Rasa haru sedih dan bahagia campur aduk menjadi satu perasaan bangga dalam hati para tim yang terdiri Dian Nurbaiti dan Parman karena telah sukses mengemban amanah dan cita-cita organisasi.
Selain mereka berdua, Henny Widiastuti dan Irman Kostaman yang merupakan Anggota Luar Biasa, serta pendaki lainnya yang juga tergabung dalam pendakian ini juga merasakan kebanggaan tersendiri di benak mereka.
Perjalanan tersebut boleh dikatakan sebuah perjalanan yang cukup panjang saat melakukan pendakian ke gunung. Akhirnya dengan tekad dan semangat yang kuat tepat pukul 10.05 WIT pada  tanggal 14 Januari 2017 tim pendaki berhasil menginjakkan kaki di Puncak Carstensz Pyramid tanah Papua sekaligus mengibarkan bendera tercinta di ketinggian 4.884 mdpl ini.
Berada di Puncak tertinggi indonesia ini merupakan sebuah wujud dari aspirasi Anggota MAPALA UNTAN yang sejak lama menjadi cita-cita karena mendaki gunung carstensz pyramid ini tidak semua orang dengan mudah melewati medannya. MAPALA UNTAN adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan hidup dan penyaluran hobi yang berkedudukan di Universitas Tanjungpura ini merupakan organisasi pecinta alam yang pertama dari Kalimantan berada di puncak tertinggi Indonesia.
Sebelum menggapai puncak tim di hadapkan dengan medan dan cuaca yang ekstrem dan hujan es yang menemani saat menuju puncak sehingga menambah kesan saat berada dipuncak. Hari demi hari telah dilalui dengan tekad dan semangat yang kuat, medan demi medan dirasakan oleh tim. Medan yang dihadapi sangat beragam mulai dari medan rawa, melewati sungai, turun naik serta menyeberangi jurang yang kedalamannya sekitar 800 meter tidak menyurutkan mental serta fisik tim pendaki.
Jalur pendakian
Untuk menghadapi semua itu tentu banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan, proses demi proses dilalui bersama oleh anggota MAPALA UNTAN selama Ekspedisi ini diusung. Perjuangan selama 2 tahun mengiringi langkah menuju puncak impian ini. Mulai dari latihan ringan sampai berat selama persiapan telah dilakukan agar semuanya berjalan lancar dan pulang mengharumkan nama organisasi dan almamater tercinta.
Selain mental dan fisik, persiapan finansial juga banyak dilakukan demi tercapainya kegiatan Ekspedisi Tanjungpura Carstensz Pyramid ini. Peluang demi peluang pendanaan pun dilakukan agar kegiatan ini berjalan dengan lancar. Partisipasi dan dukungan seluruh anggota MAPALA UNTAN dan pihak sponsor menjadi modal tim pendaki, baik moril serta materil.
Salam Tanjungpura.
MPA-U.1410309/CB

0 comments: