“BERBAGI PENGETAHUAN BERSAMA TAMAN NASIONAL GUNUNG PALUNG”


Peserta, Pemateri dan Panitia Taman Nasional Gunung Palung

Pada Tanggal 22 s/d 24 April 2017 Taman Nasional Gunung Palung Melaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok Pencinta Alam se-Kabupaten Kayong Utara di Pantai Pasir Mayang Kecamatan Sukadana. Kegiatan bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan alam bebas dan menumbuhkan kesadaran cinta alam sejak dini serta memperingati hari bumi yang setiap tahunnya diperingati pada Tanggal 22 April.
Dalam kegiatan ini ada beberapa materi disampaikan yaitu P3K, Pengamatan Burung, Navigasi Darat, Panjat Tebing, Wawasan Taman Nasional Gunung Palung ditambah dengan kegiatan penanaman 200 bibit pohon. Peserta berjumlah 60 orang dari berbagai organisasi dan kelompok pencinta alam,  yang didominasi oleh SISPALA dari 11 SMA dan partisipasi 1 KPA disekitaran daerah Kabupaten Kayong Utara. MAPALA UNTAN diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi Navigasi Darat dan Panjat Tebing. Navigasi Darat oleh Jaka Anugrah dan Panjat Tebing disampaikan oleh Mario Ariesko serta pendamping Iskandar Agung. Pengetahuan Navigasi Darat ditekankan pada penggunaan peralatan dan teknik-teknik dalam penentuan posisi di lapangan serta dituntut dalam ketelitian dibidang paham ilmu tersebut, sedangkan Panjat Tebing secara umum disampaikan sebagai bentuk kegiatan alam bebas dengan memanjat dimedan vertikal lebih dari 45° memanfaatkan celah, tonjolan dan cacat batuan lainnya, ditambah dengan pengetahuan tentang peralatan serta penguasaan tali-temali yang diwajibkan.
Kegiatan penyampaian pengetahuan Navigasi Darat diikuti 12 orang peserta yang sangat antusias dalam mengikuti jalannya saling berbagi pengetahuan dan aktif bertanya sedangkan, Panjat Tebing peserta berjumlah 13 orang, yang didukung dengan suasana kebersamaan serta keaktifan peserta dalam berdiskusi. Setelah 1.30 Menit penyampaian 2 sesi materi di kelompok pengetahuan Navigasi Darat dan  Panjat Tebing selesai dihari pertama kegiatan. Kegiatan simulasi dihari kedua 23 April 2017 difokuskan pada penggunaan Kompas, Peta dan Protaktor serta penentuan posisi dalam Navigasi Darat, dilaksanakan oleh 12 orang peserta yang kondisinya sama dengan kegiatan penyampaian pengetahuan dihari pertama, sangat antusias dan jalannya simulasi berjalan dengan baik. Simulasi pemanjatan Tope Rope dan Rappelling diikuti oleh peserta yang pada saat penyampaian materi disepakati bahwa, akan dilaksanakan simulasi tersebut. Dalam percobaan praktek lapangan, 13 orang peserta berhasil melakukan pemanjatan Tope Rope dan Rappelling tanpa kendala apapun, sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya mengenai pengetahuan panjat tebing bahwa selain pengetahuan dan pengalaman, tidak lupa kerjasama adalah hal mutlak.
Kegiatan 24 April 2017 ditutup dengan upacara yang sebelumnya dilakukan penanaman 200 bibit pohon, dihadiri oleh perwakilan beberapa instansi pemerintah maupun non-pemerintahan serta, hadir pula atlet tinju kebanggaan Kalimantan Barat Daud Yordan yang ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit tersebut. Tidak lupa pesan dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung pada saat upacara berlangsung, bahwa kepedulian terhadap alam serta kelestariannya merupakan tanggungjawab bersama, jika kita sebagai generasi penerus yang sadar dan mempunyai kepedulian terhadap alam.
Dari kegiatan ini MAPALA UNTAN mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Taman Nasional Gunung Palung atas kesempatan yang telah diberikan, dan semoga dikemudian hari dapat terus dilakukannya kegiatan yang bermanfaat serta kerjasama berkesinambungan.

0 comments:

Post a Comment