Latihan Divisi Selam MAPALA UNTAN 2019


       Latihan Divisi Selam merupakan sebuah kegiatan kepencintalaman MAPALA UNTAN yang bergerak dalam bidang olahraga penyelaman dan konservasi terumbu karang. Kegiatan latihan divisi selam berlangsung di sekitar peraiaran Pulau Lemukutan. Pulau ini termasuk dalam kawasan Kalimantan Barat yang tepatnya berada di Kabupaten, Bengkayang Kecamatan, Sungai Raya Kepulauan. Pulau Lemukutan menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik  di Kalimantan Barat. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut tersembunyi selain memiliki hamparan karang yang luas, pulau ini juga memiliki biota laut yang beragam.
           Kegiatan latihan divisi selam dilakukan pada tanggal 2-4 Agustus 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk monitoring terumbu karang yang terletak di perairan Pulau Lemukutan tepatnya di Dusun Teluk Surau. Tim Penyelaman terdiri dari 6 orang yang teridiri dari 2 orang  anggota biasa, 3 orang anggota luar biasa dan 1 orang dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat Seksi 1 Ketapang.
         Pulau Lemukutan yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan  memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Pontianak. Perjalanan dimulai dari Pontianak pada pukul 03.46 WIB menuju dermaga Teluk Suak melalui rute darat menggunakan Bus selama 4 jam. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Lemukutan hanya dapat dilakukan melalui transportasi air. Kapal-kapal penumpang  tersedia di dermaga Teluk Suak dan Samudra Indah biasanya beroperasi pada pukul 07.00 sampai pukul 13.00 WIB. Sembari menunggu kapal angkutan penumpang berangkat, Tim pun sarapan terlebih dahulu di warung sekitar dermaga. Pada pukul 12.02 WIB Tim menyebrang dari  dermaga Teluk Suak menuju Pulau Lemukutan. Sepanjang Perjalanan sebelum sampai di pulau, kami disungguhkan pemandangan gugusan pulau lain serta perairan yang jernih dan menarik untuk dinikmati. Akhirnya pada pukul 14.39 WIB tim tiba di Teluk Surau. Kemudian dari Teluk Surau menuju penginapan kami dijemput menggunakan motor air. Penginapan-penginapanyang terletak di Pulau Lemukutan terbilang sederhana dan nyaman, selain harganya yang terjangkau penginapan ini memiliki fasilitas mendukung kegiatan wisatawan.


Penginapan Villa Herva di Dusun Teluk Surau Pulau Lemukutan (Dok. MAPALA UNTAN)
         Kegiatan latihan divisi selam dimulai dengan melakuan snorkeling di area perairan Teluk Surau pada pukul 16.29 WIB. Selain berenang dipermukaan, pada dasarnya kegiatan snorkeling dilakukan untuk mengetahui keadaan sekitar perairan atau observasi lingkungan sebelum melakukan monitoring terumbu karang. Selama kegiatan snorkeling masing-masing anggota tim mencoba menyelam dikedalaman tertentu untuk menikmati pemandangan indahnya hamparan karang pada jarak yang lebih dekat. Pada pukul 17.48 WIB tim kembali ke penginapan untuk istirahat dan makan malam. Pada malam harinya tepat pada pukul 19.48 WIB kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang monitoring terumbu karang bersama staf BKSDA Uray Iskandar, diskusi tersebut bertujuan untuk memantapkan kesiapan tim sebelum melakukan monitoring terumbu karang. Selain belajar ilmu baru tentang teknik monitoring terumbu karang serta anggota tim juga diberi pengetahuan tentang berbagai jenis terumbu karang.
Diskusi Tentang Monitoring Terumbu Karang (Dok. MAPALA UNTAN)
       
         Keesokan harinya pada pukul 08.14 WIB tim bergerak menuju Teluk Surau untuk melakukan penyegaran materi selam dan latihan dilaut terbuka. Penyegaran materi selam dan latihan penyelaman dilaut terbuka bertujuan untuk penyegaran kembali bagi anggota tim tentang kemampuan dasar selam. Pada pukul 12.26 WIB rombongan tim kembali ke penginapan untuk beristirahat dan makan siang, sembari berstirahat beberapa anggota tim melakukan persiapan dengan mengisi scuba tank sebelum dilakukan monitoring terumbu karang pada sore harinya.
     Sore hari, pada pukul 03.25 WIB rombongan tim menuju Teluk Surau untuk melakukan monitoring terumbu karang. Monitoring terumbu karang di Teluk Surau menggunakan metode point transect, dengan metode ini tim dapat mengetahui tutupan dan sebaran terumbu karang di perairan Teluk Surau serta dapat mempermudah tim dalam membedakan antara karang hidup dan yang mati. Tidak lupa beberapa anggota tim mengambil dokumentasi yang nantinya akan mempermudah dalam pengolahan data monitor terumbu karang.
Salah Satu Karang Keras (Hard Coral Live) di Perairan Teluk Surau (Dok. MAPALA UNTAN)


            Pada pukul 16.04 WIB rombongan tim kembali ke penginapan untuk beristirahat dan makan malam. Selain itu waktu senggang pada malam hari dimanfaatkan tim untuk mengolah data monitor karang yang telah diperoleh. Setelah selesai mengolah data, tim bercana ria sembari menikmati suasana malam Pulau Lemukutan pada malam terakhir latihan divisi selam sebelum kepulangan ke Pontianak. Pada hari ketiga pada pukul 08.23 WIB rombongan berangkat menuju Teluk Surau. Selain untuk menikmati suasana pagi di Pulau Lemukutan selain itu tim memanfaatkan momen untuk melakukan fun dive.
Kegiatan Fun Dive dihari ketiga Latihan Divisi Selam (Dok. MAPAL UNTAN)

       Selama tiga hari rangkaian kegiatan latihan selam ini banyak hal dan ilmu baru yang diperoleh oleh tim. Selain meningkatnya keterampilan dasar menyelam anggota divisi selam MAPALA UNTAN kegiatan latihan divisi selam ini akan menjadi langkah kecil untuk mengenalkan olahraga penyelaman dan konservasi terumbu karang di Kalimantan Barat.





Location: Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment