Berlatih Water Rescue bersama Basarnas

Mapala Untan hadir sebagai perserta dalam pelatihan water rescue yang diselenggarakan oleh BASARNAS di Pontianak.
BASARNAS Pontianak mengadakan Latihan Gabungan Water Rescue. Latihan tersebut merupakan program inisiasi untuk terus mengembangkan potensi penanggulangan bencana terutama di perairan, Kali ini latihan gabungan tersebut diadakan di Shelter (Pos SAR) pada 24 November 2019 yang diikuti oleh lebih dari 70 orang peserta dari berbagai organisasi, komunitas dan instansi.
Dalam kesempatan kali ini, Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura ikut serta dalam latihan gabungan tersebut dengan mengirim 2 orang Anggota  Mapala Untan yaitu Mega Pratiwi dan Risty.
Ketua Umum Mapala Untan Gunawan Carles mengatakan bahwa keikutsertaan ini merupakan upaya pembekalan dan pendalaman wawasan anggota khususnya mengenai water rescue karena kita tahu bahwa Pontianak meruapak kota berbasis sungai, juga bentuk kesiapan dan kesiapgaan Mapala Untan dalam membantu dan berperan aktif untuk kedepannya jika terjadi bencana ataupun kejadian yang membutuhkan pertolongan.
Kegiatan yang dilaksanakan satu hari ini memuat materi-materi pertolongan pertama pada korban gawat darurat yang disertai praktiknya secara langsung maupun tidak langsung. Materi-materi tersebut diantaranya tentang Tupoksi SAR, Pertolongan Pertama Gawat Darurat yang meliputi metode evaluasi korban (ABC/CBA), RJP/CPR, pembidaian, dan lainnya, Defends, Release, serta Teknik Evakuasi di Air.
Jumlah peserta yang lebih dari 70 orang yang berasal dari 26 komunitas/lembaga, diharapkan mampu untuk berperan aktif untuk masyarakat dan dapat memberikan pertolongan ketika terjadi bencana ataupun kejadian mengancam jiwa manusia.




0 comments:

Post a Comment