Hari Burung Migrasi Sedunia, Pantai Tengkuyung Teluk Pakedai rumah bagi 24 jenis burung migrasi dan domestik

Pengamatan Burung Migrasi Dalam Memperingati Hari Burung Migrasi Sedunia di Pantai Tengkuyung, Desa Nibung, Kecamatan Telok Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

Sabtu 08 Mei 2021 merupakan Hari Burung Migrasi Sedunia, MAPALA UNTAN (BW KEHATI UNTAN)  bekerjasama dengan YAYASAN WILDLIFE FRAME ORGANIZATION (WFO) dan AVES SYLVA PC UNTAN melakukan pengamatan terhadap burung migrasi dengan jumlah pengamat 10 orang diantaranya  Arjun Farmando Saragih, Kelvin Pratama, Putri Lestari, Fitriyani, Wiji Rahayu Lestari dari MAPALA UNTAN, Jero Haryono, Septian Alfani dari YAYASAN WFO dan Ully Aerdo Bergsma, Antonio Milenio Riasinir Joe dari AVES SYLVA PC UNTAN.

Inisiator kegiatan pengamatan burung migrasi ini oleh YAYASAN BW KEHATI dan menunjuk MAPALA UNTAN sebagai pelaksana kegiatan ini. Arjun Farmando Saragih selaku Ketua Umum MAPALA UNTAN dan Koordinator BW KEHATI UNTAN mengatakan bahwa kegiatan pengamatan burung ini bertujuan untuk melakukan identifikasi dan pendataan terhadap jenis burung migran yang ada di lokasi tersebut.

Keberangkatan Tim Pengamatan burung migrasi ini pada hari Jum’at 07 Mei 2021 dengan rute perjalanan Pontianak - Rasau Jaya menggunakan transportasi roda dua (motor), kemudian dilanjutkan melalui jalur air dari Rasau Jaya menuju Desa Sungai Nibung menggunakan speedboat dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Setelah sampai di Desa Sungai Nibung tim melakukan perizinan untuk kegiatan pengamatan burung. Kemudian tim melanjutkan perjalanan jalur air menuju Pantai Tengkuyung menggunakan motor air ± 1 jam. sesampainya di Pantai Tengkuyung tim pun disambut oleh Pengelola Pantai Tengkuyung yaitu Pak Nurdin.

Pada malam hari nya Tim pun melakukan briefing untuk kegiatan pengamatan burung, dimana Jero Haryono perwakilan dari YAYASAN WFO selaku Fasilitator dalam kegiatan ini menyampaikan apa saja yang harus dipersiapkan. alhasil, kesepakatan tim, pukul 05.00 wib tim harus bergerak menuju lokasi pengamatan.

Jum’at, 08 Mei 2021, pukul 05.30 Tim pun sudah bersiap untuk melakukan pengamatan. Melalui gertak kayu, Tim berjalan menuju lokasi dimana terdapat burung migrasi sembari memotret burung domestik yang berkicauan. Sesampainya di lokasi, Tim pun disambut oleh kelompok burung migrasi dan tanpa membuang waktu kami pun langsung melakukan pengamatan.

Pengamatan ini dilakukan 2 (dua) kali yaitu pagi dan sore hari, kemudian dari hasil pengamatan didapatkan 4 jenis dari burung migrasi dan 20 jenis burung domestik. Harapan untuk kedepannya semoga kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan tidak hanya pada hari burung migrasi sedunia saja.






0 comments:

Post a Comment