EKSPEDISI GUNUNG BETUNG MENELUSURI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DI BATAS NEGERI


Tim Ekspedisi Gunung Betung
telah menyelesaikan tiga kegiatan besarnya yaitu pengabdian pada masyarakat di Desa Tanjung Lasa, penelitian Studi Habitat Ikan Semah di DAS Embaloh Desa Menua Sadap dan pendakian Gunung Betung di Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun pada tanggal 18 juli 2021.




Ekspedisi wajib yang dilaksanakan oleh 5 orang Anggota Muda yang diketuai oleh Jordi Febriadi dan 4 anggotanya Nurul Setiyawati,Florentina Jermany Junia Delvana,Ilham Akbar Firmana,dan wiji rahayu lestari serta didampingi 2 orang mentor Valentino Sagai Lanying dan Verin Himatun Soraya.

Ekspedisi ini menempuh perjalanan yang sangat jauh,mulai dari Pontianak menuju putussibau kurang lebih 15 jam perjalanan menggunakan bus, dilanjutkan menuju Kec.Putussibau Utara, Desa Tanjung Lasa menggunakan mobil yang difasilitasi TNBK selama kurang lebih 3 jam, dan mencapai desa terakhir Kec. Embaloh Hulu,Desa Menua Sadap.

Setelah kegiatan PPM di Desa Tanjung Lasa terlaksana dilanjutkan dengan Kegiatan penelitian dan pendakian di Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun. Sungguh menantang dan,menegangkan,karena jalur yang dilewati yaitu sungai berarus deras dan berbatuan, untuk mencapai lokasi penelitian dan pendakian kurang lebih 3 jam dari Desa Menua Sadap menuju camping ground yang diakses menggunakan perahu ketinting.

Pelaksanaan kegiatan penelitian observasi lapangan dilakukan selama 3 hari dari tanggal 6-8 juli 2021 seperti pengukuran lebar sungai, kedalaman sungai, kecepatan arus sungai dan pengukuran parameter lainnya.

Pendakian gunung betung dengan ketinggian 1128 Mdpl dilakukan selama 7 hari dari tanggal 10-16 juli 2021.Pendakian ini melewati medan yang sulit dengan menggunakan transportasi perahu dalam kondisi air sungai yang surut untuk menuju titik awal, membuat perahu harus didorong dalam setiap perjalanan, serta menelusuri punggungan pegunungan dengan kontur yang rapat ditambah Kondisi cuaca badai yang menerpa.

Ekspedisi ini dapat terlaksana dengan sukses tidak terlepas dari persiapan yang panjang mulai dari latihan fisik, pemantapan materi, pengumpulan dana, perizinan kegiatan serta dukungan dari senior-senior Mapala Untan dan kerjasama yang baik dari berbagai instansi, antara lain: Universitas Tanjungpura, Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK), Yayasan Kehati, BW Kehati, Kodam XII Tanjungpura,Wildlife Frame Organization, Dinas Pendidikan, Bulog Kanwil Kalbar, PT. Indofood, Terminal Konveksi, Suryanation, serta media partner dari Wartapala.







0 comments:

Post a Comment